Menu Tutup

Mesin Penggerak Lift dan System Keamanannya

Lift adalah bagian peting dari bangunan bertingkat sebagai alat transportasi barang maupun orang (Manusia) secara vertikal. Anda bisa bayangkan bila tidak ada Lift dalam bangunan bertingkat, tentu itu akan menjadi masalah dalam meningkatkan produktifitas. Sebab itu, Lift menjadi penting harus di miliki Perusahaan, Pabrik, Kafe, Restoran, Showroom Kendaraan (Mobil Motor) dan Bangunan bertingkat Lainya.

Itu saja penjelasan singkat tentang lift dari penulis, banyaknya web komesil maupun blog pribadi yang telah menulis tentang penjelasan lift. jadi, penulis tidak akan menjelaskan kembali. Anda bisa mencarinya langsung melalui goole search atau kunjungi Penjelasan tentang Lift.

2 Jenis Lift Menurut Type Penggeraknya

Berdasakan ASME, Mesin Penggerak Lift dibagi menjadi 2 yaitu;

1. Mesin Lift Dengan Penggerak Elektrik

Type Mesin Lift Penggerak Elektrik By Fourindo
Type Mesin Lift Penggerak Elektrik

Cara kerja mesin penggerak elektrik ini cukup simpel, mudah dan tergolong modern karna anda hanya perlu menghubungkan Mesin Elektrik ke Listrik dan mengkaitkan sangkar/Car lift ke katrol mesin lalu mengendalikanya menggunakan kontrol kendali manual mesin elektrik.

2. Mesin Lift Dengan Penggerak Hydrolik

Type Mesin Lift Penggerak Hydrolic

Cara kerja mesin Lift Hydrolic juga cukup simple, dengan memberi tekanan pada Liquid/oli di tabung hydrolic sehingga menghasilkan tenaga untuk mengangkut sangkar/car lift. gambar di atas adalah controh hydrolic yang beredar luas dan Control Lift yang menggunakan Alat penggerak Hydrolic.

Komponen Keamanan Pada Lift dan Fungsinya

Sebuah Lift yang layak, harus di lengkapi dengan system keamanan yang memadai. berikut ini penulis akan memberikan informasi tentang system keamanan pada lift serta fungsinya.

Limit Switch

Limit Switch Level
Gambar Limit Switch Level atas dan Bawah

Limit switch menjadi bagian penting dalam keamanan pada lift dan juga sekaligus paling banyak jumlahnya dalam keamanan lift. Jono akan coba jelaskan beberapa fungsi Limit switch sesuai dengan fungsinya.

1. Limit Switch Level

Limit Switch Level Pada lift memiliki 4 bagian yaitu, 2 diatas (Up Level) dan 2 lagi dibawah (Down Level) Berikut Penjelasanya;

1. Limit Switch ATAS (Up Level)

  1. Final Limit Switch, terletak di bagian atas sangkar / Car Lift dan Berperan sebagai Pengontrol Sangkar lift agar tidak melewati batas Atas level Hoist Way.
  2. Secondary Limit Switch, Terletak di bagian atas Level Hoist Way/ Ruang Luncur Berperan sebagai Backup jika Final Limit Switch tidak bekerja

2. Limit Switch Bawah (Down Level)

  1. Final Limit Switch, Terletak di bagian bawah sangkar / Car Lift dan Berpersan sebafai Pengontrol sangkar lift agar tidak melewati Batas Bawah Level Hoist Way.
  2. Secondary Limit Switch, Terletak di bagian Bawah Level Hoist Way/ Ruang Luncur Berperan sebagai Backup jika Final Limit Switch Level Bawah tidak bekerja.

2. Door Switch

Switch jenis ini terletak di bagian pintu Sangkar dan pintu lift di setiap lantai. selain itu, juga berperan sebagai pengontrol sangkar lift untuk tidak beroperasi jika pintu lift atau sangkar terbuka. dengan cara mengirim sinyal ke control panel lift.

Circuit Breaker (MCB)

Circuit Breaker Pada Control Panel Lift

Cara kerja Circuit Breaker ini bekerja sangat simple namun fungsinya sangat penting yaitu, memutuskan arus listrik langsung dari induk control panel apabila terjadi kelibihan arus atau konsleting listrik. sehingga daya tahancontrol lift menjadi awet.

Lampu Darurat (Emergency)

Lampu Emergency akan menyala selama 15-30 menit, dimana tujuan utamanya untuk memberikan penerangan apabila terjadi pemdaman listrik sehingga memungkinkan untuk melakukan Evakuasi.

Governor

Berperan sebagai sensor untuk mendeteksi kecepatan laju sangkar/Car lift dan apabila kecepatan laju sangkar melebihi batas wajar. Governor akan mengirim sinyal ke control panel lift untuk menghentikan pengoprasian mesin. Umumnya Governor berkaitan dengan Safety Gear.

Safety Gear

Jual Lift Barang Murah Aman dan Bergaransi Klik DiSINI

Posted in Blog

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hubungi Kami